Senin, 20 April 2015

3 ciri manusia baik

3 Ciri Manusia Baik

Minggu 26 mei 2013
Oleh : Ibu Metta Dewi
Setiap orang bisa menjadi lebih maju dan lebih baik kalau mereka mau berusaha dengan sungguh-sungguh. Dalam Anguttara Nikaya 1 ayat 151 tertulis 3 ciri manusia baik :
1.Suka berdana
Berdana ini tidak harus selalu materi. Bisa juga dana tenaga misal bantu persiapan waisak, memberi maaf juga bisa disebut berdana
2.Suka melakukan pabaja
Ini artinya kita melepaskan kepentingan pribadi untuk kepentingan umum demi kebahagiaan orang lain dan juga tidak bersikap kejam.
3.Suka membahagiakan orang tua , merawat orang tua
Ada cerita cerita nyata pada zaman Sang Buddha : Ada seorang bernama Utari, anaknya Sumanna. Utari ini dijodohkan dengan seseorang. Setelah menikah Utari hanya boleh di rumah , tidak boleh kemana-mana. Suatu ketika ayahnya Utari datang menemui anaknya. Ayahnya memberikan sejumlah uang untuk mencari seorang wanita yang bisa menggantikannya di rumah selama 15 hari.ada seorang bernama Sirima yang mau. Ketika itu Utari sangat senang karena dia bisa pulang ke rumah orangtuanya. Di sana Utari mendengarkan dhamma , berdana , dll. 15 hari sudah lewat , saatnya Utari kembali ke rumah suaminya. Saat itu Sirima merasa enggan untuk meninggalkan rumah itu. Dia pun mencari cara agar Utari tidak kembali ke rumah itu. Dia pun ingin menyiram mentega panas ke kepala Utari.
Ketika akan disiram, Utari berdoa semoga mentega ini bisa menjadi dingin di kepala saya. ajaibnya mentega itu menjadi dingin dan Utari tidak apa2. Malah mentega itu kena ke Sirima namun Utari tidak marah tapi malah mengobatinya. Setelah sembuh , Utari menyadarkan Sirima agar mendengarkan dhamma , banyak berdana kepada Arahat. Dia juga mengajak mertua dan suaminya. Ketika kita berdana kepada Arahat , sekecil apapun , kita akan mendapat karma baik dalam waktu 7 hari. Jangan pernah berhenti berbuat baik walau sekecil apapun. Sedikit perbuatan baik akan menghasilkan karma baik yang besar.
Diringkas oleh Doc n Pub Team.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar